Video Profil STT Bethel Medan

Pada mulanya, untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pekerjaan Tuhan di Sumatera Utara khususnya di Gereja Bethel Indonesia (GBI), pada tahun 1975 GBI membuka program pembekalan dengan nama Sekolah Penginjil Medan (SPM). Kegiatan belajar mengajar Sekolah Penginjil Medan  ini bertempat di Jl.Wahid Hasyim Ps II/7-D di bawah pimpinan Pdt. M. D. Mangunsong.

Pada perkembangan berikutnya, Sekolah Penginjil Medan ditingkatkan menjadi Sekolah Theologia Praktika Bethel Medan (STPBM) pada tahun 1987. Pada tahun 1994 pengelolaan STP Bethel Medan di percayakan kepada Pdt. Yafet R. Marbun, S. PAK., MACM., M. Th.
Melihat perkembangan yang semakin nyata dan keadaan lokasi dan fasilitas di Jl. Sei Wampu yang kurang memadai, Badan Pekerja Harian Gereja Bethel Indonesia memberi dukungan materil untuk mengontrak gedung pendidikan yang lebih memadai di Jl. Kapten Muslim 162.

Dalam Tahun Akademik 1996/1997, dibangun Kampus permanen di Jl. Tanjung Anom Desa Durian Jangak Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang dengan luas bangunan 1300 m2 dilengkapi dengan fasilitas kelas dan perpustakaan. Bersamaan dengan perpindahan lokasi kuliah dan pembukaan tahun pendidikan, pada tanggal 16 September 1996 diresmikan satu lembaga pendidikan dengan nama Lembaga Pendidikan Theologia Bethel Medan (LPTBM) untuk mengelola STP Bethel Medan dan Sekolah Tinggi Theologia Bethel Medan (STT Bethel Medan) program Diploma Tiga Program Teologi/Kependetaan.

Peresmian lembaga dan STT Bethel Medan ini dilaksanakan oleh BPH GBI dihadiri oleh Sekretaris Umum Pdt. William Bernard Gerungan, MA dan Departemen Agama R.I, Cq. Kabid Bimas Kristen Protestan Sumatera Utara yang diwakili oleh Drs. C.Y. Hasugian, MA. Pihak Pemerintah Departemen Agama Cq. Bimas Kristen Sumatera Utara memberi Surat Ijin/Rekomendasi No.WB/PP. 00.9 /3940/ 1996.